Kamis, 11 Juni 2015

Suka Dukanya Menjadi Band Indie

Yeah, menjadi anak band itu memang ga mudah broo, banyak banget suka dukanya (walaupun sebenernya banyakan dukanya ketimbang sukanya hehe). Dari di marahin sama nyokap bokap, di benci sama lingkungan RT atau RW lach, sampe di putusin sama pacar cuma gara-gara kaga sukses-sukses hahahahaha...

Gak keitung dech berapa banyak biaya, waktu, pikiran, serta kerja keras yang udah telanjur di korbanin demi kemajuan band. Nyampe-nyampe harus rela-rela melakukan pekerjaan rumah demi lancarnya aliran subsidi tiap bulannya. hehe... Uuuuh beeurat dech pokoknya.

Mungkin Labirin (Baca artikel tentang siapa itu Labirin) sekalian banyak yang bertanya-tanya, kenapa Langit Biru Band tetap keras kepala menjadi band indie??? (Mungkin pertanyaannya seperti dibawah ini...)

Kenapa sich koq Langit Biru Band lebih memilih lewat jalur indie ketimbang jadi band label??? Padahal lagu-lagunya kan keren-keren BGT...

Yeah, saya tau pasti ada banyak diantara Labirin sekalian yang bertanya seperti itu...hmph :-?

Jawabanya simpel, dan mungkin kalo kamu semua pernah ngerasain susahnya bawa nama band biar bisa dilirik oleh label pasti ngerti. "Coz, lebel musik di Indonesia saya nilai kurang profesional..." itu saja!!!

Tapi kan kalo jadi band label bisa lebih cepet masuk TV???

Oh... kalo masalah itu ideologi kami adalah, masuk TV itu kan sebenernya hanya salah satu bentuk kegiatan dari 1001 kegiatan yang anak band harus lakukan. Ingat, "hanya salah satu" loch. Dan itu jelas, sangat kecil artinya bagi kesuksesan sebuah band. Juga, kalo di pikir-pikir nenek moyang musisi Indonesia dulu juga bisa terkenal tanpa harus masuk TV dulu, kenapa Langit Biru Band enggak.

Sedangkan masalah target yang harus dicapai, bahwa musisi itu kan harus memiliki jaringan pasar yang luas???

Kami harus bisa memanfaatkan sarana  media informasi lain yang jenis serta jumlahnya pun sudah sangat beragam pada saat ini seperti, radio, internet (blog, social networking) dll untuk bisa meraih kesuksesan tersebut. So, kenapa harus berkecil hati cuma gara-gara ga masuk TV... tetap semangat, YEAH!!!

Yups apa artinya sebuah perjuangan tanpa adanya strategi, silakan dilanjut...gaaan 8-)

Strategi Langit Biru Band Sebagai Band Indie

Karena begitu susahnya persaingan yang harus di hadapi Langit Biru band sebagai band indie, maka LB pun harus menyiapkan strategi pamungkas untuk bisa tetap survive dalam bermusik. LB pun mengambil sikap untuk fokus dalam mempopulerkan nama band dengan mengesampingkan keuntungan yang banyak (yang sedeng-sedeng saja dulu lach) dan lebih mengejar pencapaian target popularitas. Karena dengan menjadi lebih populer harapan kami adalah akan lebih memudahkan bagi band kami untuk mencari job-job manggung atau mungkin (kalau perlu) menggaet sponsor.

Nach, agar bisa mencapai target tersebut, LB lebih memperhatikan tetang pengeluaran aliran dana band kami supaya tidak terlalu boros dan menjauhi sebisa mungkin program-program artis instan (instan-isme) yang telah banyak ditawarkan di banyak stasiun TV. Mengejar berbagai program promosi gratisan, ketimbang yang berbayar haha. Bergaya hidup sederhana (low profil) ketimbang hedonis-meterialis, cuz penampilan menurut kami bukanlah ukuran prestasi seperti yang dipahami oleh kebanyakan artis lain saat ini. "Intinya jangan nyampe besar pasak daripada tiang."

Bekerja lebih keras (enggak manja) dalam memajukan serta mempopulerkan nama band, dengan semangat pantang menyerah. Menjalin hubungan yang baik dengan berbagai macam pihak (media maupun sosial) yang mendukung kemajuan LB. Yang dengan sendirinya akan menciptakan citra yang baik di hati para fans-fans LB kedepannya. Membangun kepercayaan dengan mereka dan selalu mencari inovasi-inovasi baru guna memberikan kepuasan kepada konsumen (fans).

Ok, cukup sekian dulu dech cuap-cuapnya, mohon maaf kalau ada kesalahan-kesalahan kata. Bukan maksud kami untuk menyindir apa lagi menghina ideologi bisnis industri musik Indonesia yang telah lama tertanam rapih. Kami hanya menginginkan sedikit kebebasan untuk bisa lebih kreatif dalam membangun visi dan misi kami bersama, yaitu memajukan bisnis industri musik di Indonesia...Yeah!!!

Pesan Langit Biru Band untuk para musisi independent di Indonesia: "Jangan menyerah dulu broo, karena tugas kita masih belum berakhir. Terus gali kreatifitas lo dalam bermusik, dan berikan warna-warna baru yang akan menghiasi dunia ini dengan keceriaan warna pelangi dari hasil-hasil karya terbaik lo. Dan tunjukan pada mereka bahwa kita jauh lebih baik..." thank's :-)

Peace, Love with Music - Langit Biru Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar